random: memilih jodoh

Maka pada setiap betikan niat yang menggerakkan untuk menikahi (atau menikah dengan–ed.) seseorang; tanyakan pada hati kita, apa yang paling menyalakan minat.

Seperti nasehat Asy Syafi’i tuk yang bingung atas banyak pilihan nan semua tampak baik; “Ambil yang paling menyelisihi hawa nafsu!”

Maknanya; jika hawa nafsu pada kecantikan, pilih nan lebih jelek; jika hawa nafsu pada kekayaan, pilih nan lebih miskin; begitu seterusnya😉

Sebab terfirman “..Sesungguhnya hawa nafsu selalu menyuruh pada keburukan..” {QS12:53}; maka menyelisihi hawa nafsu adalah jalan kebaikan.

Kutipan kultwit di atas merupakan milik Ustadz Salim A. Fillah tertanggal 27 Juni 2013.

Sengaja dicopas buat teman-teman yang dilanda kebingungan saking banyaknya pilihan dalam menentukan (utamanya) jodoh yang, “kok kayaknya baik-baik semua ya?” (ciyee sok laris). Oh iya, jangan juga merasa sudah aman karena menjalani proses ta’aruf (bukan pacaran loh ya) terus sana-sini dita’arufin, kasih harapan ke banyak laki-laki (atau perempuan buat yang laki-laki) sampai akhirnya jadi bingung sendiri menentukan pilihan. Jalani dan proseslah satu-satu, kalau kurang cocok baru cari yang lain. Jangan maruk.

Jangan juga terlalu percaya sama pembentukan imej dari socmed baik blog, twitter, facebook sebelum kita mengenal langsung orang yang bersangkutan melalui orang terdekatnya. Karena bisa saja apa yang mereka tulis di socmed sangat berbeda dengan kenyataan aslinya (kayak blog ini nih contohnya *lho?). Intinya jangan gampang tertarik dengan seseorang kalau kita baru mengetahui tentang orang tsb via akun-akunnya di socmed. Karena di jaman virtual kayak gini gampang sekali membangun imej diri yang baik. Ya, pasti ada saatnya kita merasa ada beda antara dunia nyata dengan dunia maya (pun itu kehidupan kita sendiri). Kayak saya nih contohnya, di socmed keliatannya suka posting berbau agama, menghindari ngeluh nggak jelas di twitter atau facebook, dll, aslinyaaa? Nggak sebaik itu tentu.

Contoh lainnya bisa dilihat dalam kasus berikut.

Haha, sebenarnya saya mau ngomong apa sih. Random banget. Tapi semoga bermanfaat ya. Sekian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: