ceria: agar dunia selalu tersenyum

Nggak dipungkiri, keceriaan merupakan cermin hati yang gembira. Lihat teman yang wajahnya cerah terus pasti jauh lebih seneng kan, daripada lihat temen yang kerjaannya cemberut, muka ditekuk dan jarang senyum? Jangankan mau ngajak ngobrol, ngedeketin aja udah males banget kan? Nah, orang lain juga kayak gitu, Non! Lihat muka kita yang tampak jutek, “bermasalah,” nggak ramah, mereka jadi nggak berani ngedeketin! Karena oro-boro bakal ditanggepin, nggak kena semprot aja udah bagus!

Sebagai muslimah yang pengen baik, kita juga harus nunjukin wajah yang selalu cerah ceria. Senyum tulus yang terpancar dari sapaan yang hangat dan ramah. Katanya pengen ngikutin Rasulullah? Rasul adalah orang yang wajahnya paling cerah lho! Seberat apapun beban dakwah, beliau selalu tampil gembira. Membuat para sahabat begitu mencintai beliau. Jadi, meskipun sedang bete-betenya, pastikanlah tetap tersenyum cerah. Lupakan masalah, siapa tahu dengan tersenyum tulus, masalah kita malah hilang lenyap tak berbekas?

Ceria juga berguna untuk merubah mindset, dari badmood jadi goodmood, sedih jadi seneng. Ada resep untuk berbahagia yang paling sederhana. Saya baca ini dari sinopsis novel “Tentang Dia” karya Moammar Emka. Katanya, kalau ingin bahagia, ya berbahagialah! Berikut ini ada tips berbahagia yang saya kutip dari beberapa twit Pak Jamil Azzaini, salah satu motivator Indonesia.

  1. Nggak menyesali masa lalu
  2. Menikmati yang terjadi saat ini
  3. Nggak mencemaskan masa depan
  4. Nggak memelihara dendam alias selalu memaafkan, baik kesalahan diri sendiri maupun orang lain
  5. Nggak terlalu banyak ambil pusing sama penilaian orang

Bukannya ngajarin untuk cuek terhadap nasihat. Namun maksudnya, kalau kita yakin dengan sesuatu memang benar, nggak usah peduliin orang lain mau bilang apa. Keceriaan dan kebahagiaan juga bisa didapatkan dengan selalu bersyukur dan nggak membandingkan hidup kita dengan orang lain, yang menurut kita lebih menyenangkan dari kita. Biasalah, namanya manusia, selalu merasa bahwa “rumput tetangga lebih hijau.”

Selain bermanfaat untuk membahagiakan diri sendiri, ternyata ceria juga berguna untuk membahagiakan orang lain. Karena yang namanya energi positif, pasti menular. Siapa tahu, ada orang yang sebenernya lagi di puncak kegalauan tuh, terus udah niat mau bunuh diri (agak lebay), begitu ketemu kita, dia lihat senyum kita yang cerah banget, batal deh rencana bunuh diri! Tuuuh, dengan bekal senyum tulus aja bisa nyelamatin nyawa seseorang kan? Makanya, keep smiling and the world will smile to you :)

4 Comments »

  1. Meski sedang menghadapi masalah dan beban hidup yang berat kita harus tersenyum ya… gimana klo kaki kita terinjak sama orang, masihkan kita tersenyum?

  2. good post

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: