obat antigalau nomer satu

“Bayangkan keadaan ketika, ”Pada hari ketika manusia melihat apa yang diperbuat oleh kedua tangannya” (an Nabaa: 40). Maka renungkan apa yang telah diperbuat oleh kedua tangan kita? Apakah keduanya sudah menolong agama Allah? Apakah keduanya sudah membantu hamba-hamba Allah? Apakah keduanya sudah menghormati wali-wali Allah? Apakah makhluk-makhluk Allah selamat dari kejelekan keduanya?

@Dr_Alshathry – Dr. Sa’ad Asy Syitsriy, Doktor dalam bidang Ushul Fiqh, pernah menjadi anggota Hai’ah Kibaril Ulama (Lembaga Ulama Senior di Saudi Arabia), kini menjabat dosen di King Saud University (KSU), Riyadh.

pagi-pagi di kantor ketika merasa nggak produktif, nggak bahagia, agak sedikit galau, nggak tau mau ngapain, dan bingung mau nulis apa di wordpress (dimana bagi saya, produktif = ngeblog :D) terus ngecek-ngecek dasbor tumblr, dan menemukan posting dari salah satu akun yang saya follow, twitulama, yang postingnya saya blockquote di atas.

dan ajaibnya hilang semua kegalauan. astaghfirullaahal ‘adhiim. selama ini sering sekali ruwet mikirin banyak hal yang seharusnya nggak difikirin. dan seperti yang pernah saya dengar, bahwa fikiran mempengaruhi perasaan. ya jujur aja, fikiran-fikiran tentang dunia kerap kali membuat seseorang menjadi galau (tentu saja yang saya maksud adalah saya sendiri). namun anehnya, otak ini jaraaaang sekali memikirkan akhirat, yang notabene jauh lebih pantas digalaukan. padahal kalau kita mau mikirin ya, nggak akan ada alasan berbuat jahat sekecil apapun. nggak akan ada iri dengki (kecuali sama amalan-amalan orang shalih). ya, dengan itu semua, segala-segala hal yang duniawi yang bikin galau-galau tadi, jadi serasa keciiiiil dan nggak layak buat fikiran terceceh-ceceh.

hmm, pantesan aja ya, saya seneng banget kalau habis ketemu orang-orang shalih. dalam pembahasan kali ini adalah seorang “adik” pengajar tahsin saya, mbak nia namanya (memang usianya jauh lebih muda dari saya, tetapi tetap saya panggil mbak, karena dia guru saya). kayaknya hidupnya tenaaaaang banget. nggak ada hasad, nggak ada ghibah (apalagi fitnah), mendengarkan keluhan orang lain sepenuh perhatian tapi nggak berempati dengan cara mengorek-ngorek atau semakin mengompori, nggak ada ketertarikan berlebihan terhadap gemerlapnya dunia, pokoknya setiap lihat mbak nia saya jadi semangat lagi, nggak tertarik kelamaan berkubang dalam kefuturan, dan lain-lain. mungkin ini yang dinamakan, “sebaik-baik kawan adalah yang dengan memandang wajahnya, akan mengingatkan kita pada Allah.”

rasanya, ingin selalu berkumpul dengan mereka, dalam lingkaran itu, dalam kumpulan orang-orang yang saling menyemangati dalam meraih akhirat, menjadi bagian dari mereka, tapi bukan berarti tidak beramal di dunia. bukan berarti hanya shalat saja, puasa saja, berlomba-lomba dalam ibadah-ibadah individual saja, melainkan bermasyarakat, melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain (dan umat), yang jelas menolong agama Allah. sungguh, saya merindukan orang-orang itu. dengan kerudung syar’inya yang berkibar-kibar, dengan jilbab yang menutup seluruh tubuhnya tanpa kecuali, dan tentu saja, dengan akhlaknya yang luar biasa. wah, mengingat mereka benar-benar bisa mencekatkan tenggorokan saya, memicu luh bening keluar dari sudut-sudut mata.

mungkin inilah keunggulan akhirat atas dunia, salah satu dari keunggulan-keunggulan lain yang memang sudah tampak nyata: dunia jika digalaukan, akan membuat kita semakin galau karena selalu ada rasa nggak pernah cukup, nggak pernah puas, selalu merasa kurang. namun jika kita menggalaukan akhirat, akan semakin melecut semangat kita untuk berlomba-lomba meraih kebahagiaannya, plus tambahan, Allah akan menentramkan dunia kita, menanamkan rasa kebahagiaan di hati kita.

“Barangsiapa yang beriman dan mengadakan perbaikan, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” Q.S Al-An’aam 48. semoga Allah memasukkan kita dalam golongan orang-orang yang demikian. aaamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: