Dimanakah Kau Berada Kini??*

Tiba-tiba di pagi hari ini aku merindukannya. Bagaimana tidak, dulu sebelum saat ini, setiap pagi dia selalu setia menyambangiku di rumah, dan hari-hariku tak lengkap tanpa menyentuhnya.
Dialah KR-ku. Kedaulatan Rakyat: korannya masyarakat Jogja yang paling lembah manah. Hadir tanpa setitik pun kesombongan. Isi beritanya mudah dipahami, tanpa menggurui, dan alhamdulillah, aku banyak mendapat hikmah dari membacanya. Koran KR, bagiku, benar-benar koran rakyat. Migunani tumraping liyan, begitulah slogannya. Dan bagiku itu benar adanya. Di saat banyak media yang bangga dengan tampilan kesombongannya, menyuguhkan berita-berita berat untuk menunjukkan intelektualitasnya, KR yang sederhana hadir dengan kemasan yang ringan dan mudah dipahami. Beritanya sama, suguhannyalah yang berbeda.
Kini aku tak lagi bertemu dengannya setiap pagi. Di sini, tak pernah kutemukan lagi koran seharga 2500 rupiah itu. Kini aku hanya bisa menyambangi website-nya saja. Tak apalah, yang penting tetap bisa baca KR. Ternyata kau benar-benar irreplaceable­čÖé

*lahir dari kekecewaan terhadap salah satu koran nasional yang ternyata pro-pluralisme­čśŽ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: