life is too short for all the small things

Tampaknya pagi ini sekali lagi aku tersadarkan oleh salah satu artikel di koran Kedaulatan Rakyat rubrik Konsultasi Kesehatan Jiwa asuhan dr. Inu Wicaksana SpKJ. Ya memang sebagian besar kita *termasuk aku tentunya, sering mengalami kebetean nggak jelas akibat hal-hal kecil dan remeh-temeh yang sebenarmya akan dilupakan orang-orang dalam satu tahun bahkan satu bulan ke depan. Hal-hal kecil itu antara lain, kalo dalam kehidupan kantor nih, kayak: atasan yang kerjaannya merengut dan kurang ramah (pilih kasih pula), bisik-bisik miring rekan kerja seputar kita, temen-temen kantor yang lagi pada nggak asik, pembagian kelompok kerja yang nggak adil, meja kerja yang kurang rapi, and so many small things like that yang kalo semakin lama difikirin bisa bikin kinerja terganggu. Efek negatifnya nggak cuma itu aja lho, bahkan kesehatan kita juga akan terancam, karena rentetan penyakit fisik biasanya muncul karena fikiran-fikiran yang kebanyakan negatif.

Semua fikiran negatif akan hal-hal kecil ini, di manapun, baik di rumah, di sekolah, di kampus, di kantor, tetap akan mempengaruhi kualitas kerja dan kondisi fisik kita. Kayak dulu tuh, pernah aku mengalami yang namanya penyakit eksim psikosomatis. Penyakit ini berupa gatel-gatel taraf parah di sekujur tubuh, terutama di leher dan kulit kepala, yang sebenernya disebabkan oleh fikiran. Ya memang waktu itu aku sedang terganggu oleh fikiran buruk bahwa aku akan jadi jomblo selamanya gara-gara belom punya pacar juga sampe umur 18 taun. Ya ampuun, parah banget nggak sih, cuma gara-gara itu aja sampe mengidap gatel-gatel berbulan-bulan nggak sembuh-sembuh yang ngganjel banget kalo nggak digaruk tapi meninggalkan bekas sampe berdarah kalo digaruk, mirip-mirip koreng gitu deh, kata bapak. Hahaha, kalo inget itu jadi geli sendiri, kayaknya bener-bener krisis percaya diri *maklumlah, jaman SMA rasanya gengsi banget kalo belom ngerasain enaknya punya pacar. Ya, itu juga hal kecil kan sebenernya??

Trus belakangan ini, aku juga sering resah gelisah tuh *kalo bahasa sekarangnya sih menggalau, akibat small stuffs such as: handphone sepi banget nggak ada yang sms atau nelfonin *efek baru saja menjomblo, account facebook dan twitter yang nggak jauh beda sepinya sama handphone *hahaha, kalo ini sih, jelaaaas hal sangat kecil karena sebenernya aku agak males berurusan sama dunia maya except blogging, dan hal-hal kecil nggak beralasan lain yang bikin aku uring-uringan sebulanan belakangan ini.

Tapi alhamdulillah sekarang, aku sih udah agak insaf. Kan kayak yang udah tak ceritain di postingan kemaren, efek terprovokasi dari buku-bukunya bang tere-liye. Trus juga tambah mantep habis baca artikel di koran pagi ini, inspirasi itu muncul lagi. Sekarang kerjaanku udah nggak cuma berharap pada handphone, menunggu-nunggu sms, bikin-bikin notes di handphone yang intinya berupa kegalauan-kegalauan hari itu, dan melakukan hal-hal nggak berguna lain. Hehehe, intinya sekarang pengen do something useful lah buat aku dan orang-orang sekitarku. Hmm, mungkin memosting tulisan-tulisan yang mengobarkan semangat dan menginspirasi orang bisa jadi awal yang baik *ciyee, kayak tulisan ini bakal dibaca banyak orang aja. Aah, biarin lah, mau dibaca atau enggak, yang penting udah berniat menyampaikan lessons I learned from the newspaper this morning.

Jadi intinya, karena hidup ini terlalu singkat untuk hal-hal kecil, mulai sekarang, stop ber-negative thinking tentang hal-hal kecil yang berpotensi besar mengacaukan kinerja, produktivitas, dan kesehatan fisik kita. Isi hari dengan hal-hal, yang meskipun kecil, akan bermanfaat buat kehidupan kita. Lebih baik lagi kalo itu juga bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Okee??  Keep spirit🙂

#january 9th 2011 – 8:29 in my cozy room

4 Comments »

  1. aku tunggu tulisan penyemangat – penyemangat pendobrak dunia kiki…aku pantau terus…hehehe
    trus semangat yow…!!go go go….

    • blackmimi said

      hehehe, makasih makasih kak.. semoga kiki bisa keep writing seperti kakak..

  2. gagas said

    mbak kikiii~
    blog baru ya??
    mantep2 lho tulisannya…
    mbakat nulis nih tampaknya..

    • blackmimi said

      ho’o e gas, masih pendatang baru jadinya konven gini
      nggak mudeng soale
      hehehe, enggak gas, biasa wae, tapi makasih kalo dibilang mantap, hehe

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: